Foto HDR : menangkap keindahan masjid dengan foto HDR




Saya terinspirasi untuk membuat foto HDR ini dari sebuah blog yang dikelola oleh orang barat yang mengajarkan tentang tutorial bagaimana mengolah sebuah foto HDR. Didalam artikelnya dia mendemontrasikan bagaimana tehnik mengolah foto HDR sebuah ruangan  gereja yang minim cahaya dan gelap . Brilian sekali, dengan tehnik yang digunakan  dia berhasih mengubah foto yang tadinya biasa saja karena kondisi minim cahaya menjadi foto berwarna dan lebih  menarik. Ini kemudian menumbuhkan rasa penasaran saya untuk mencoba menggunakan metode yg diberikan dalam artikel blog tersebut .Namun saya tidak mengolah foto didalam sebuah ruangan gereja , saya mengolah foto ruangan masjid dengan sentuhan saya sendiri.
Saya telah mengunjungi banyak masjid-masjid yang indah dipelbagai kota. Saya takjub dengan kemegahan masjid Al akbar disidoarjo, saya kagum keindahan masjid kubah emas didepok, dan saya terpesona  akan   interior masjid baitusalam dikomplek billymoon Jakarta timur.Tetapi untuk  rencana ini saya hanya  memilih  beberapa masjid yang letaknya masih diarea tempat domilisi saya tinggal saja. Untuk target foto2 saya, Saya memilih masjid al azhar jaka sampurna bekasi, masjid agung jami  bekasi dan masjid Baitussalam komplek billymoon Jakarta timur.
Kendala terbesar yang saya hadapi dalam membuat foto-foto  ini adalah, dikarenakan waktu yang bertepatan saat bulan puasa dimana dibulan tersebut aktifitas didalam masjid menjadi lebih padat dan ramai, maka sulit sekali mengarahkan objek-objek yang saya foto tanpa kehadiran aktifitas manusia. baik aktifitas orang-orang yang sedang beribadah maupun orang yang sekedar beristirahat. Hal yang menjengkelkan adalah saat setting bracketing  kamera sedang memotret gambar  tiba tiba kamera merekam gambar aktifitas manusia yang hadir sehingga gambar menjadi 3 frame yang tidak sama . Akhirnya harus bersabar dan mengulang lagi demi mendapat hasil gambar yang diinginkan.
Saya sadar bahwasanya hasil foto-foto saya ini sebenarnya jauh dari yang ada dalam tutorial blog tersebut baik secara kualitas maupun nilai seni. Namun apa salahnya bila mengaplikasikan sebuah keinginan biarpun keinginan tersebut   adalah hasil dari sebuah ide yang didapat dari orang lain.....




0 Response to "Foto HDR : menangkap keindahan masjid dengan foto HDR"

Posting Komentar